Sejak pekan lalu, sebagian besar negara di Asia Selatan masih merasakan dampak gelombang panas yang tinggi, termasuk di Indonesia. Suhu tercatat mencapai 37,2॰C di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat. Gelombang panas yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada orang-orang yang memiliki penyakit tertentu atau lanjut usia. Maka dari itu, sangat penting untuk mencari cara yang efektif untuk menyejukkan ruangan tanpa menguras listrik dan memperparah kondisi lingkungan.

Dalam kondisi seperti ini, penggunaan AC bisa menjadi solusi, tetapi bisa menguras listrik dan memperparah pemanasan global. Namun, ada solusi alternatif yang lebih hemat dan ramah lingkungan melalui panel surya.

Panel surya dapat menghasilkan listrik yang ramah lingkungan tanpa memancarkan gas rumah kaca, sehingga tidak akan memperparah efek pemanasan global. Selain itu, pemanfaatan panel surya juga dapat membantu menghemat biaya listrik rumah tangga. Dengan memasang panel surya di atap rumah, Anda bisa menghasilkan listrik sendiri yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain efektif dalam menyejukkan ruangan dan menghemat biaya listrik, pemanfaatan panel surya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasangnya di atap rumah atau tempat yang mendapatkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup tinggi. 

Dalam situasi gelombang panas, penggunaan panel surya dapat membantu mengurangi ketergantungan listrik dari utilitas karena pemakaian AC. Hal ini dapat membantu mengurangi beban listrik PLN, terutama pada puncak gelombang panas di siang hari.

Tertarik pasang panel surya? coba program Solar Subscription. Anda bisa berlangganan panel surya tanpa perlu investasi awal, cukup langganan mulai dari Rp 200 Ribuan/ bulan, sudah termasuk biaya perizinan hingga pemasangan dan Gratis perawatan setiap tahun. Untuk berlangganan panel surya anda cukup mengisi data menggunakan solar calculator dan pilih opsi “Solar Subscription”. Langganan panel surya semudah berlangganan Internet!

Memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi alternatif tidak hanya membantu mengatasi masalah gelombang panas, namun juga dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lestari. Dengan semakin banyaknya rumah tangga yang memanfaatkan panel surya, Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan.

Sehingga, pemanfaatan panel surya bukan hanya membantu mengatasi masalah di tengah gelombang panas, namun juga menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lestari.

Jangan takut pakai AC di rumah, Ayo beralih ke panel surya bersama SUN Terra!

Panel surya juga tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga dapat bertahan selama bertahun-tahun.